Sabtu, 21 Februari 2015

Tanya kenapa.? laptop Lenovo keluaran anyar rawan di bobol hacker

Asdihen - Laptop-laptop baru buatan Lenovo akhir-akhir ini diterpa isu negatif seputar keamanannya. Ironisnya, semua itu disebabkan oleh software yang dipasang oleh Lenovo sendiri.
Lenovo diketahui dengan sengaja memasang sebuah software 'pre-installed' yang diduga berbahaya di laptop-laptop terbaru mereka yang dipasarkan sejak bulan September 2014 hingga awal 2015 ini. Software itu bernama 'Superfish'.

Lenovo memang tidak mempunyai maksud buruk dengan memasang Superfish, karena sejatinya software tersebut diklaim dapat membantu pengguna untuk menemukan produk-produk online murah dengan mudah.

Namun, para pakar keamanan internet justru berpendapat bila Superfish dapat menampilkan 'intrusive ads' atau iklan yang muncul tanpa seizin pemilik situs. Parahnya, Superfish juga dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk mencuri data pengguna.

"Cara kerja Superfish adalah dengan menahan lalu lintas internet di laptop Lenovo untuk memasukkan iklan. Ini sesungguhnya sama dengan penyadapan," jelas Eric Rand, ilmuwan dari Brown Hat Security, Daily Mail (20/02).

Seorang hacker dipercaya mampu memalsukan kode dari sebuah situs via Superfish agar bisa mencuri data seperti akun bank dna password pengguna. Hal ini menjadi mungkin karena Superfish mampu membobol koneksi yang terlindungi untuk menampilkan iklan tertentu.
Meskipun Lenovo mengaku sudah menghentikan pemasangan Superfish di laptop-laptop mereka sejak bulan Januari, hal itu tidak memutus potensi serangan lewat Superfish.

Bila Anda curiga laptop Lenovo Anda mempunyai Superfish, Anda bisa masuk ke Control Panel, dan melihat keberadaanya di 'Certificates'. Apabila, di situ ada Superfish, sebaiknya Anda memback-up semua data dan memasang sistem operasi baru.
Semoga serangan Superfish tidak muncul di laptop-laptop Lenovo Indonesia.(hen)

0 komentar:

Posting Komentar