Rabu, 18 Februari 2015

Mengenai bahasa pemrograman

Berbicara mengenai bahasa pemograman secara awam terlintas dalam benak kita kita asumsikan dengan bahasa kita sehari-hari. Hanya yang menterjemahkan bahasa pemograman  adalah komputer. Konsep dasarnya harus menyesuaikan dengan karakteistik komputer itu  sendiri.
Dalam Bahasa pemograman ada beberapa teknik, yaitu sebagai berikut:
1.    Pemograman Procedural merupakan Instruksi khusus yang dieksekusi secara berurutan.
2.   Pemograman   Functional   merupakan   Pemograman   yang   terdiri   atas   kumpulan  perintah/instruksi yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan fungsi-fungsi.
3.   Pemograman   Terstruktur   merupakan   Pemograman   yang   terdiri   atas   kumpulan  perintah/instruksi yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan procedural dan atau functional.
4.    Pemograman Berbasis Modul merupakan Pemograman yang didasarkan atas kumpulan program  procedural   dan   atau   program   functional   yang   akan   dijalankan/dieksekusi   oleh komputer berdasarkan modul.
5.    Pemograman   Berorientasi   Objek   merupakan   Pemograman   yang   terdiri   atas   kumpulan perintah/instruksi   yang   akan   dijalankan/dieksekusi   oleh   komputer   berdasarkan  kejadian – kejadian yang berkenaan dengan sebuah/beberapa objek.
6.    Pemograman     Generic     merupakan     Pemograman     yang     terdiri     atas     kumpulan perintah/instruksi   yang   akan   dijalankan   oleh   komputer   bersama-sama   pemograman berorientasi objek atau pemograman functional.
7.   Pemgoraman   Declarative   merupakan   Pemograman   yang   terdiri   atas   kumpulan  perintah/instruksi yang akan dijalankan oleh komputer berdasarkan pernyataan (declarative) yang berhubungan dengan logika.

Visual basic
Bill Gates, pendiri Microsoft, memulai bisnis softwarenya dengan mengembangkan interpreter bahasa Basic untuk Altair 8800, untuk kemudian ia ubah agar dapat berjalan di atas IBM PC dengan sistem operasi DOS. Perkembangan berikutnya ialah diluncurkannya BASICA (basic-advanced)   untuk   DOS.   Setelah   BASICA,   Microsoft   meluncurkan   Microsoft   QuickBasic dan Microsoft Basic (dikenal juga sebagai Basic Compiler)

0 komentar:

Posting Komentar